Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslih Lhokseumawe Gelar ToT Pelatihan Saksi

Dedy Syahputra, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat pengetahuan para saksi dari calon legislatif, calon anggota DPD, dan calon Presiden-Wakil Presiden yang ada di Kota Lhokseumawe, Foto: Humas Panwaslih

Dedy Syahputra, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat pengetahuan para saksi dari calon legislatif, calon anggota DPD, dan calon Presiden-Wakil Presiden yang ada di Kota Lhokseumawe, Foto: Humas Panwaslih

Untuk meningkatkan pengetahuan para saksi peserta pemilu, Panwaslih Kota Lhokseumawe menggelar Kegiatan Training of Trainer (ToT) Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024, di Hotel Lido Lhokseumawe, Selasa (6/2/2024).

Menurut Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, Dedy Syahputra, kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat pengetahuan para saksi dari calon legislatif, calon anggota DPD, dan calon presiden-wakil presiden yang ada di lingkungan Lhokseumawe. Kota Lhokseumawe sendiri memiliki 68 buah gampong dari empat kecamatan.

"Saat ini Panwaslih juga telah menyerukan partai-partai politik segera membersihkan baliho, spanduk, dan banner kampanye peserta Pemilu pada minggu tenang. Kami menginginkan hal itu bisa bersih sebelum Pemilihan dilakukan," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Teuku Kemal Fasya sebagai narasumber, mengingatkan ujung tombak pelaksanaan Pemilu bersih akan ditentukan pada dua hal. Pertama, adalah kesungguhan KPPS dalam menjalankan fungsinya dalam pungut-hitung, dan kedua adalah peran saksi partai dan calon legislatif dalam mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara.

Anggota Panwaslih Lhokseumawe, Ayi Jufridar, memaparkan beberapa potensi pelanggaran saat pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari mendatang.

Selain potensi pelanggaran, Ayi juga memaparkan strategi pencegahan yang bisa dilakukan pengawas TPS. "Petugas TPS dan saksi harus memahami proses penghitungan dan pemungutan suara," katanya.

Anggota Panwaslih Kota Lhokseumawe lainnya, Yuli Asbar, juga menyinggung soal kapasitas saksi.!Pemateri lainnya adalah Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, Teuku Zulkarnen dan anggota KIP Lhokseumawe Teuku Marbawi.

Kegiatan bimtek ini dihadiri ketua partai politik se-Lhokseumawe, calon perseorangan anggota DPD, ketua pemenangan calon presiden-wakil presiden, dan ketua dan anggota Panwascam se-kota Lhokseumawe.

Penulis : Humas

Editor : AJ